Jumat, Januari 16, 2009

Rekam Jejak RDF - Indonesia

Regional Development Forum yang disingkat RDF - Indonesia, telah memfasilitasi sejumlah kegiatan yang bersifat capacity building, khususnya di bidang pengembangan daerah. Beberapa kegiatan di antaranya (diurut dari yang terbaru):

1. Workshop Penataan Ruang dengan tema: "Revitalisasi Penataan Ruang (RTRW) Kabupaten/Kota dalam Perspektif Pengembangan Wilayah". Diselenggarakan di Hotel Golden View Kota Batam tanggal 23-26 Mei 2009 (Gelombang I) dan tanggal 27 - 30 Juni 2009 (Gelombang II). Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. Hardian, SH dari Direktorat Jenderal Penataan Ruang (Sub Direktorat Penataan Ruang Nasional) Departemen Pekerjaan Umum RI.

2. Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (Perspektif Sistem Anggaran Berbasis Kinerja) yang diselenggarakan di Inna Bali Hotel Denpasar tanggal 21 - 22 Desember 2009 bersama dengan Forum Garuda Nusantara Indonesia (FGNI). Kegiatan ini menghadirkan Narasumber Bapak Drs. Dadang Solihin, MA - Direktur Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia.

3. Bimbingan Teknis Perencanaan Pembangunan Daerah (bekerja sama dengan Pemeritah Kabupaten Pinrang - Sulsel) yang diselenggarakan di Hotel Graha Indah Kota Parepare tanggal 26 Desember 2008 bersama dengan Forum Garuda Nusantara Indonesia (FGNI) Makassar. Kegiatan ini didukung Narasumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI dan Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP) Universitas Gajah Mada.

4. Pelatihan Pariwisata dengan tema "Revitalisasi Destinasi Pariwisata; Meningkatkan Daya Tarik dan Daya Jual Destinasi Pariwisata Dalam Konteks Pemertataan Kunjungan Wisata" (diselenggarakan tanggal 22 November 2008 di Hotel Grand Majesty - Batam bekerja sama dengan Lembaga Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia - LSPSDM Makassar). Kegiatan ini didukung oleh Narasumber dari Direktorat Jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI serta Pusat Kajian Wilayah Perkotaan (PUSWIKA) Universitas Indonesia.

5. Workshop: "Desain dan Strategi Pengembangan Kawasan Pesisir Pantai dan Waterfront City" yang diselenggarakan di Golden View Hotel Batam (Angakatan I tanggal 10 Juli 2008) dan Hotel Grand Majesty Batam (Angkatan II tanggal 09 Agustus 2008) bekerja sama dengan Forum Pengembangan Daerah Pesisir (FPDP) dan Centre for Region Development Studies (CERD'S) - Batam. Kegiatan ini didukunga Narasumber dari Direktorat Jenderal Penataan Ruang Departemen PU - RI, Departemen Kelautan dan Perikanan RI dan Pusat Kajian Wilayah Perkotaan (PUSWIKA) Universitas Indonesia.

6. Pembekalan Nasional Pemilu 2009: "Menyamakan Persepsi tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pemilu (Legislatif dan DPD) 2009" (Sosialisasi UU Nomo 10 Tahun 2008 Tentang Pemilu Legislatif dan DPD) yang diselenggarakan di Golden View Hotel Batam (Gelombang I tanggal 4 Juni 2008) dan Amir Harbour Bay Hotel Batam (Gelombang II tanggal 14 Juni 2008) bekerja sama dengan Centre for Region Development Studies (CERD'S) - Batam. Kegiatan ini didukung narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dan Direktorat Hukum Tata Negara Ditjen Administrasi Hukum Umum Departemen Hukum dan HAM RI.

7. Workshop Nasional dengan tema "Perpres 77: Peluang dan Tantangan Pengembangan Sektor Pariwisata Daerah" diselenggarakan pada tanggal 22 April 2007 di hotel Golden View Batam, bekerja sama dengan Lembaga Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia (LSPSDM). Didukung narasumber dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI.

8. Pembekalan Nasional: "Strategi Pengembangan dan Pemasaran Destinasi Pariwisata" (Perspektif Peningkatan PAD Melalui Sektor Pariwisata). Diselenggarakan pada tanggal 17 Juni 2007 di Hotel Nagoya Plasa - Batam bekerja sama dengan Lembaga Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia (LSPSDM). Kegiatan didukung narasumber dari Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Direktorat Jenderal Pemasaran - Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI.

9. Bimbingan Teknis: Analisa Aspek Keselamatan dan Kenyamanan dalam Pelayanan Transportasi (Tinjauan Evaluatif terhadap Manajemen Transportasi), diselenggarakan di Hotel Goodway - Batam pada tanggal 18 April 2007 bekerja sama dengan Lembaga Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia (LSPSDM). Kegiatan ini didukung narasumber dari Departemen Perhubungan RI dan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

10. Pembekalan Nasional: "Kebijakan Energi Nasional dan Strategi Pengembangan Sumber Energi Alternatif " yang diselenggarakan tanggal 21 Maret 2007 di Hotel Planet Holiday - Batam bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPKPSDM). Didukung narasumber dari Departemen Pertambangan RI, Kementerian Negara Riset dan Teknologi dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

11. Expose Nasional: Rencana Pembangunan Infrastruktur 2007, diselenggarakan tanggal 19 Desember 2006 di Hotel Clarion & Convention Makassar bekerja sama dengan Lembaga Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia (LSPSDM) - Makassar. Kegiatan ini didukung narasumber dari Bappenas RI, Direktoraj Jenderal Bina Marga Departemen PU RI dan Lembaga Manajemen STIE Patria Artha Makassar.

12. Bimbingan Teknis: Mengoptimalkan Promosi dan Pemasaran Potensi/Produk Unggulan Daerah Melalui Publik Relations (Kiat Bisnis Mendorong Investasi Daerah Melalui Manajemen Publik Relations). Diselenggarakan tanggal 22 November 2006 bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPKPSDM). Kegiatan ini didukung narasumber dari Departemen Kominfo RI dan Bakohumas RI.

13. Pembekalan Nasional: Manajemen Pengelolaan Sumber Daya Air, diselenggarakan di Hotel Harris - Denpasar (Bali) pada tanggal 22 September 2006 bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPKPSDM). Kegiatan ini didukung narasumber dari Departemen Pekerjaan Umum RI.

14. Bimbingan Teknis: Manajemen Keselamatan Transportasi dan Keselamatan Kerja, diselenggarakan di Hotel Planet Holiday - Batam pada tanggal 7 September 2006 bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPKPSDM). Kegiatan ini didukung narasumber dari Departemen Perhubungan dan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

Tidak ada komentar: